Memilih Obat Keputihan Untuk Ibu Hamil yang Aman Bagi Janin

Memasuki masa kehamilan, kaum wanita dituntut untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan obat-obatan termasuk obat untuk mengatasi keputihan. Keputihan memang telah menjadi masalah umum yang dialami kaum wanita termasuk ibu hamil. Keputihan pada ibu hamil tak boleh dibiarkan terus terjadi sebab bisa membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan. Keputihan yang terjadi karena bakteri ataupun jamur bisa menjadi penyebab bayi terlahir prematur atau lebih buruk lagi meninggal di dalam kandungan.  Tetapi tentu saja obat keputihan untuk ibu hamil tak boleh sembarang pilih dan harus benar-benar aman untuk janin.

obat keputihan untuk ibu hamil

Mengenali Keputihan yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Seorang ibu yang sedang hamil muda biasanya akan mengalami keputihan. Ketika sedang hamil muda, keputihan memang wajar terjadi. Keputihan muncul akibat perubahan hormon dalam tubuh. Keputihan  dianggap masih wajar bila cairan keputihan tampak bening, encer,  tidak menyebabkan gatal, tidak menimbulkan rasa perih dan tidak berbau. Cairan keputihan itu muncul sebagai upaya tubuh untuk mencegah terjadinya infeksi pada rahim.

Tetapi bila ibu hamil merasakan keputihan yang tidak normal, sebaiknya segera lakukan pengobatan. Keputihan tak wajar ini ditandai dengan perubahan pada warna cairan keputihan, adanya rasa gatal pada organ intim kewanitaan, perih, jumlahnya yang dirasakan sangat banyak sehingga membuat tidak nyaman dan bau yang tidak sedap.

Mengobati Keputihan Pada Ibu Hamil

Obat keputihan untuk ibu hamil dan wanita yang tidak sedang hamil pastinya mempunyai perbedaan. Pengobatan untuk keputihan yang dialami ibu hamil harus memperhatikan keselamatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Apalagi bila usia kandungan tergolong masih sangat muda. Sebab di masa ini janin masih begitu lemah sehingga harus dijaga dengan baik.

Untuk itu, pengobatan keputihan pada ibu hamil sebaiknya dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan secara medis. Sampaikan keluhan keputihan yang dirasakan kepada dokter saat melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Berdasarkan pemeriksaan inilah  dokter kandungan akan menentukan obat antibiotik untuk mengatasi keputihan dan aman untuk kehamilan.

Ibu yang sedang hamil sebaiknya menghindari menggunakan ramuan-ramuan ataupun memakai bahan-bahan kimia tanpa resep dokter untuk mengatasi keputihan yang dialami. Sekali lagi pikirkanlah tentang keselamatan janin di dalam kandungan. Obat-obatan yang tidak tepat dapat mengganggu perkembangannya janin.

Salahsatu obat keputihan untuk ibu hamil yang aman dan direkomendasikan oleh Boyke Dian Nugraha (Pakar kesehatan reproduksi) adalah Tisu Dobel Majakani (TDM). TDM ini efektif untuk mengatasi keputihan yang diderita oleh ibu hamil tanpa mengganggu perkembangan janin. TDM terbukti aman digunakan setiap hari tanpa menimbulkan iritasi pada miss V. Untuk legalitas, TDM sudah lulus sertifikasi dari Badan POM, jadi ibu hamil tidak perlu ragu untuk menggunakan TDM.

Selain itu sebaiknya ketika mengalami keputihan, ibu hamil tidak memakai pantyliner. Penggunaan pantyliner membuat kondisi keputihan semakin buruk. Saat merasa tak nyaman, sebaiknya ganti saja pakaian dalam supaya organ intim kewanitaan terjaga kelembabannya.

Kenakan pula pakaian dalam yang berbahan katun lembut. Bahan ini bisa menyerap keringat sehingga organ intim kewanitaan tidak terlalu lembab. Jangan memakai pakaian dalam yang terlalu ketat. Kenakan pakaian dalam yang longgar supaya organ intim kewanitaan lebih nyaman.

Ibu hamil juga harus menjaga kebersihan organ intim kewanitaan. Basuh organ intim kewanitaan dengan menggunakan air yang benar-benar bersih. Jangan memakai sabun khusus karena kandungan-kandungan di dalam sabun dapat membunuh bakteri-bakteri baik pada organ intim kewanitaan yang bertugas melawan bakteri-bakteri jahat. Jangan pula membersihkan organ intim kewanitaan dengan air di kamar mandi umum. Sebab kebersihannya tidak terjamin.

Nah, dengan informasi ini diharapkan ibu hamil lebih waspada terhadap keputihan yang dialami dan memilih dengan bijak obat keputihan untuk ibu hamil.  Lebih baik lagi bila sebelum dan selama kehamilan, para calon ibu menjaga kebersihan organ intim kewanitaannya agar terhindar dari keputihan tak wajar akibat bakteri ataupun jamur.

Simak juga artikel menarik yang satu ini : Mengenal penyebab keputihan dan cara mengatasinya.

 

Tags: , , , , , , , ,

Related to Memilih Obat Keputihan Untuk Ibu Hamil yang Aman Bagi Janin