Mengenali Tanda-tanda Keputihan yang Berbahaya dan Pencegahannya

Mengenali Tanda-tanda Keputihan yang Berbahaya dan Pencegahannya – Setiap kaum wanita tentu mengalami keputihan. Keputihan yang wajar memang tidak membahayakan. Namun keputihan yang tidak wajar sebaiknya tak diabaikan. Sayangnya, hanya sedikit kaum wanita yang mengetahui tanda-tanda keputihan yang berbahaya yang tak boleh disepelekan. Keputihan yang dibiarkan akan berkembang masuk ke rongga rahim dan menjalar ke indung telur serta ke rongga panggul yang bisa berujung pada kemandulan hingga kematian.

tanda-tanda keputihan yang berbahaya

Tanda-tanda Keputihan yang Berbahaya

Keputihan yang dirasakan kaum wanita memang tak selalu pertanda penyakit. Keputihan yang tergolong normal muncul sebagai akibat kelelahan, stress, kehamilan, sebelum dan sesudah menstruasi, ketika masa subur sedang berlangsung dan sesudah berhubungan intim. Keputihan yang normal ini berwujud cairan yang tampak bening, encer, tidak menyebabkan rasa gatal pada vagina dan juga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Nah, sementara itu tanda-tanda keputihan yang berbahaya memiliki warna putih kekuning-kuningan atau terkadang berwarna kehijauan, menimbulkan gatal pada vagina dan area di sekitarnya, terasa pedih, lendir tampak berbuih, menimbulkan bau yang tidak sedap serta terjadi secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama.

Ada beragam menyebab keputihan ini mulai dari bakteri, virus hingga adanya tumor ganas yang terdapat pada organ reproduksi wanita. Tumor ganas seperti kanker serviks pada awal kemunculannya sangat sulit dideteksi. Keputihan yang tidak normal dan terjadi terus menerus bisa menjadi salah satu pertanda adanya kanker serviks ini.

Untuk memastikan penyebabnya, cairan keputihan ini perlu diperiksa di laboratorium. Tak perlu menunggu lagi, sebaiknya kaum wanita yang mengalami keputihan yang tidak normal ini segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab jika dibiarkan saja, peluang penyakit-penyakit yang menyebabkan keputihan semakin kecil pula untuk disembuhkan. Pengobatan keputihan ini biasanya dilakukan dengan pemberian obat-obatan yang dikonsumsi hingga pemberian cairan untuk membasuh organ intim.

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi keputihan adalah dengan menggunakan Tisu Majakani Boyke & Co untuk pengobatan dari luar dan kombinasikan dengan Ladyfem untuk pengobatan dari dalam. Kedua produk ini direkomendasikan oleh Boyke Dian Nugraha dan sudah lulus uji sertifikasi dari Badan POM.

Mencegah Keputihan

Keputihan ini bisa menyerang kaum wanita dari segala usia, mulai dari wanita di usia produksi, wanita lanjut usia hingga para remaja. Untuk menghindari keputihan ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kaum wanita.

  • Memilih pakaian dalam yang tepat

Gantilah pakaian dalam setiap selesai mandi atau ketika tubuh terasa berkeringat yang berlebihan. Pilihlah bahan pakaian dalam yang mampu menyerap keringat agar organ intim lebih nyaman pada hari-hari yang panas.

  • Berhati-hati saat di toilet umum

Saat menggunakan toilet umum, sebaiknya hindari menggunakan air untuk membersihkan organ intim sebab kebersihan air di toilet umum biasanya kurang terjamin. Air kotor inilah yang menjadi salah satu sebab munculnya keputihan. Solusinya bisa menggunakan Tisu Majakani Boyke & Co untuk membersihkan organ intim. Untuk itu selalu siapkan Tisu Majakani Boyke & Co di tas anda.

  • Memperhatikan asupan nutrisi

Nutrisi yang cukup pada tubuh akan membantu tubuh untuk melawan virus atau bakteri yang menyerangnya.

  • Membersihkan vagina dengan pembersih khusus

Sabun mandi sebenarnya tidak cocok digunakan untuk membersihkan vagina karena tingkat keasamannya yang tidak sesuai untuk organ intim wanita. Pilihlah pembersih yang secara khusus disediakan untuk membasuh vagina.

  • Tidak berganti-ganti pasangan

Berganti-ganti pasangan dalam hubungan seksual juga menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan yang tidak normal. Selain itu, resiko terkena HIV dan kanker serviks pun semakin besar pula akibat gaya hidup bebas seperti ini.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda keputihan yang berbahaya serta hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah keputihan yang tidak normal. Semoga dengan informasi ini kaum wanita lebih peduli pada kesehatan organ intimnya dan bisa mengenali keputihan yang membahayakan.

Simak juga artikel menarik yang satu ini : Cara mudah atasi keputihan dengan Tisu Majakani Boyke & Co.

 

Tags: , , , , , , ,

Related to Mengenali Tanda-tanda Keputihan yang Berbahaya dan Pencegahannya