Penyebab dan Dampak Negatif Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Pergaulan bebas di kalangan remaja menjadi mimpi buruk bagi para orangtua. Sebab ada begitu banyak dampak negatif pergaulan bebas bagi para remaja ini. Para orangtua pun melakukan berbagai cara untuk menghindarkan putera-puteri mereka dari pergaulan bebas yang bisa merusak masa depan.

dampak negatif pergaulan bebas

Nah, apakah sebenarnya penyebab pergaulan bebas di kalangan remaja saat ini?

  1. Kebebasan menggunakan smartphone

Saat ini anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar sudah banyak yang menggunakan smartphone. Para orangtua memberikan perangkat komunikasi ini sebenarnya dengan tujuan untuk memudahkan komunikasi dengan anak-anak mereka. Namun tanpa pengawasan yang ketat dan pemahaman yang cukup mengenai fungsi smartphone tersebut, maka anak-anak bisa terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Smartphone dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dengan teman-teman mereka tanpa sepengetahuan orang tua. Smartphone dengan kemudahan akses internet juga membawa anak-anak pada akses informasi yang salah, misalnya saja untuk masuk ke situs-situs porno.

  1. Kesibukan orangtua

Kesibukan orangtua sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk menjalin komunikasi dengan anak telah membuat para remaja ini semakin nyaman menghabiskan waktu bersama teman-teman sebayanya. Padahal teman-temannya ini belum tentu memberikan pengaruh yang baik. Seringkali dari pergaulan inilah, para remaja mengenal seks bebas dan narkoba. Kesibukan orangtua juga membuat para orangtua tidak bisa mengawasi pergaulan anak-anak mereka.

  1. Kurangnya pendidikan seks yang tepat

Topik pembicaraan seputar seks masih menjadi hal yang tabu dibicarakan di rumah maupun di sekolah. Padahal pendidikan seks yang tepat dan benar sangat diperlukan agar para remaja bisa memahami apa saja yang akan terjadi jika mereka terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Tentu saja masih banyak lagi celah-celah yang bisa menjadi penyebab terjadinya pergaulan bebas di kalangan remaja. Namun paling tidak tiga penyebab tersebut sudah memberikan gambaran bagi orangtua untuk lebih berhati-hati dalam mendidik anak. Lantas apa saja sesungguhnya dampak negatif pergaulan bebas bagi para remaja?

Pergaulan bebas yang menyeret para remaja bisa merenggut masa depan mereka yang cerah. Pergaulan seks bebas pada remaja yang mengakibatkan kehamilan akan membuat para remaja ini harus berhenti dari sekolah. Belum lagi hukuman sosial dari masyarakat akibat kehamilan yang terjadi di luar pernikahan. Remaja yang melahirkan di usia muda tentu juga belum memiliki wawasan yang cukup untuk menjadi orangtua. Akibatnya, anak-anak yang terlahir dari remaja seperti ini kurang tercukupi dalam hal kasih sayang maupun materi.

Pergaulan bebas yang menjerumuskan remaja pada narkoba pun memberikan dampak negatif yang tak kalah mengkuatirkan. Remaja yang terlibat narkoba biasanya gemar melakukan tindakan kekerasan dan enggan untuk bersekolah.  Keterlibatan remaja dalam penggunaan narkoba biasanya juga tidak bisa dipisahkan dengan pergaulan seks bebas. Perilaku ini tentu membuat para remaja kehilangan kesempatan untuk mencapai cita-cita dan menjadi orang dewasa yang baik.

Remaja yang terseret dalam pergaulan bebas juga sangat beresiko terkena penularan penyakit berbahaya seperti HIV AIDS, hepatitis dan berbagai penyakit menular seksual. Penyakit-penyakt ini ditularkan baik dari penggunaan jarum suntik secara bersama-sama maupun dari hubungan intim yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan.

Berbagai penyebab dan dampak negatif pergaulan bebas ini hendaknya perlu diketahui tidak hanya oleh orangtua saja tetapi juga oleh para remaja sendiri. Dengan memahami hal ini diharapkan jumlah remaja yang terjerumus dalam pergaulan bebas semakin berkurang. Para orangtua bisa mendapatkan kebanggaan melihat putera-puteri yang berprestasi dan para remaja pun bisa tumbuh menjadi orang-orang dewasa yang baik.

Simak juga artikel menarik yang satu ini : Cara menghindari seks bebas di kalangan remaja dan orang dewasa.

 

Tags: , , , , , , , ,

Related to Penyebab dan Dampak Negatif Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja