Seluk Beluk Batu Akik Bacan

Begitu mendengar nama batu akik bacan, maka yang segera terbayang adalah warna hijaunya yang begitu cantik. Batu akik yang satu ini memang dikenal karena kecantikan warna hijau yang terpancar. Batu akik ini banyak ditemukan di Maluku Utara tepatnya di Halmahera yakni di Pulau Bacan. Karena itu pula, batu akik berwarna hijau ini diberi nama bacan seperti nama tempat asalnya.

Keunikan dan Jenis Batu Bacan

Seperti halnya batu akik lainnya, batu akik jenis bacan ini memiliki keunikan yang menjadikannya istimewa. Selain warna hijaunya yang terpancar, batu akik ini disebut-sebut sebagai batu yang hidup. Jenis batu bacan ini mempunyai proses pengkristalan yang berlangsung dengan cepat. Ketika sudah diolah menjadi batu cincin pun, batu bacan ini tetap memilik kemampuan untuk melakukan proses pengkristalan secara alami.

Batu bacan ini tidak hanya terdiri dari satu macam saja. Ada beberapa macam jenisnya namun tetap dengan ciri khas warna hijau yang terpancar. Berikut ini beberapa jenisnya.

  • Batu akik bacan palamea

Batu akik bacan palamea ini memiliki warna hijau yang lebih muda dan bercampur dengan warna biru sehingga menampilkan warna yang hijau kebiruan. Warna hijau muda ini tak lain disebabkan banyaknya kandungan kapur di dalam batu dan tergolong sebagai batuan muda.

batu akik bacan palamea

  • Batu akik bacan doko

Batu ini diberi nama batu akik bacan doko sesuai dengan nama daerah asal penggaliannya yakni di daerah Doko, Halmahera selatan. Nama lain yang diberikan untuk batu ini adalah batu akik bacan cincau karena warnanya yang mirip dengan warna hijau cincau. Kelebihan batu ini tak hanya terletak pada warnanya saja tetapi juga pada kemampuannya mengkristal meskipun sudah diolah menjadi batu akik. Dengan kemampuan ini, harga batu akik bacan doko terus meningkat seiring proses pengkristalan yang terus berjalan.

batu akik bacan doko

  • Batu akik bacan obi

Jenis batu bacan ini lagi-lagi diberi nama sesuai dengan nama tempat penggaliannya yakni di Pulau Obi. Inilah batu bacan yang memiliki warna beragam. Tak hanya warna hijau saja, ada pula batu bacan obi yang berwarna kuning, biru dan merah. Ciri khas batu ini adalah pada kebeningan dan kemampuannya untuk ditembus cahaya. Berbeda dengan dua jenis batu bacan lainnya, batu bacan obi ini tidak lagi mengalami proses pengkristalan sehingga tampilannya tetap seperti adanya.

batu akik bacan obi

Khasiat Batu Bacan

Dengan warna hijau yang terpancar, batu akik jenis bacan ini kerap disetarakan dengan batu giok. Sebagian penggemar batu akik meyakini bahwa batu bacan memiliki khasiat untuk menyeimbangkan emosi pemiliknya, menenangkan pikiran dan membantu menetralisir energi negatif pemiliknya.

Nah, dengan khasiat tersebut apakah Anda tertarik untuk memiliki batu akik jenis bacan ini? Jika Anda tertarik untuk memilikinya, sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih batu bacan ini. Saat ini ada banyak beredar batu bacan palsu seiring popularitas batu bacan yang terus melejit. Perhatikanlah dengan cermat serat pada batu bacan, beratnya dan juga tingkat kekerasannya.

Selain itu, ada cara unik untuk mengetahui keaslian batu bacan ini. Beberapa penggemar akik meyakini bahwa batu bacan asli bisa menggerakkan layar sentuh tablet, misalnya saja layar sentuh tablet Samsung. Jika batu akik bacan yang ditawarkan tidak bisa menggerakkan layar, maka bisa diragukan keasliannya. Atau untuk lebih amannya lagi, sebaiknya ajaklah rekan Anda yang sudah berpengalaman untuk membedakan batu bacan sehingga benar-benar diperoleh batu bacan yang asli.

Simak juga artikel menarik yang satu ini : 6 jenis batu akik kecubung dan khasiatnya.

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Related to Seluk Beluk Batu Akik Bacan