Tips Penting Cara Menghadapi Suami Egois

Cara Menghadapi Suami Egois – Di dalam sebuah perkawinan tentunya ada banyak masalah yang datang menghadang. Beberapa masalah yang timbul terkadang disebabkan sifat egois suami ataupun istri. Nah, jika seorang wanita memiliki suami yang bersifat egois, lantas bagaimana cara menghadapi suami egois tersebut?

cara menghadapi suami egois

Menghadapi Suami Egois

Sifat egois sesungguhnya sifat yang tumbuh alami dalam diri manusia. Setiap orang mempunyai sifat egois ini dengan kadar yang berbeda-beda. Sifat egois digambarkan sebagai sifat seseorang yang tidak mempedulikan kepentingan orang lain dan hanya memikirkan kepentingan diri sendiri saja. Seorang pria yang bersifat egois lebih sering membicarakan mengenai dirinya sendiri dan mimpi-mimpi yang dimilikinya. Semua hal yang dibicarakan dan diyakininya tidak mempertimbangkan keberadaan istri sebagai pendamping hidup. Tentu tidak mudah menghadapi suami dengan sifat seperti ini. Namun ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghadapi suami yang egois.

  • Mengungkapkan perasaan

Sebagian wanita yang mempunyai egois cenderung memendam perasaannya di dalam hati. Para istri ini berpikir untuk menghindari pertengkaran atau keributan. Padahal kebiasaan ini sesungguhnya kurang tepat. Di saat-saat sedang bersantai sebaiknya ungkapkan perasaan Anda. Berikan penjelasan bahwa sebagai pasangan suami istri, keputusan dan tindakan seorang suami mau tak mau akan mempengaruhi istri dan juga anggota keluarga lainnya. Berikan pula contoh salah satu sikap atau keputusan suami yang egois sehingga merugikan Anda dan anak-anak.

  • Mendorong suami untuk berubah

Jika perasaan-perasaan Anda sudah diungkapkan, doronglah suami untuk mengubah sifatnya yang terlalu egois. Ingatkan padanya bahwa perubahan yang dilakukan suami akan membuat ikatan perkawinan bisa bertahan menjalani tahun demi tahun. Sebab suatu hubungan perkawinan bisa bertahan jika suami dan istri sama-sama mau mengalah, mengesampingkan sifat egois demi kepentingan bersama.

  • Memberikan pujian terhadap perubahan kecil

Cara menghadapi suami egois berikutnya adalah dengan memberikan pujian yang tulus jika Anda mendapati perubahan pada suami meskipun itu hanya sebuah perubahan kecil saja. Pujian yang tulus ini akan membuat suami merasa dihargai dan terus terdorong untuk melakukan perubahan-perubahan yang lebih besar lagi.

  • Bersabar

Inilah satu-satunya sikap yang harus dimiliki para istri yang memiliki suami egois. Memang tak mudah untuk selalu mempertahankan kesabaran saat berhadapan dengan suami egois. Tetapi hanya dengan kesabaranlah sifat egois suami secara perlahan-lahan bisa diubah dan hubungan pernikahan tetap terjaga dengan baik.

  • Bersikap tegas

Jika para istri marah karena sikap suami yang egois, biasanya suami tidak akan merasakan dampak dari kemarahan ini. Karena itu hadapi sifat egois suami dengan bersikap tegas dan bukan dengan kemarahan. Misalnya saja jika suami memaksakan suatu rencana A, abaikanlah dengan menjelaskan letak keegoisan dari rencananya tersebut. Tegaskan sikap Anda yang tidak akan terlibat dengan rencana A itu. Dengan cara ini diharapkan suami yang egois dapat melihat bahwa rencananya yang egois benar-benar tidak bisa Anda terima. Bila sikap suami melunak, barulah ajak suami untuk mendiskusikan lagi rencana tersebut dan menyesuaikannya dengan kepentingan pihak-pihak lain seperti kepentingan Anda sebagai istri dan juga kepentingan anak-anak.

Nah, itulah beberapa cara menghadapi suami egois yang bisa dicoba oleh para istri yang memiliki suami dengan sifat yang egois. Para istri juga perlu menyisihkan waktu untuk dirinya sendiri agar pikiran dan hati tidak selalu tersita memikirkan suami yang egois. Ambillah waktu untuk bersosialisasi dan menyenangkan diri sendiri sehingga pikiran menjadi lebih lapang.

Simak juga artikel menarik yang satu ini : Tips jitu cara menghadapi suami selingkuh.

 

Tags: , , , , , , , , ,

Related to Tips Penting Cara Menghadapi Suami Egois